Pengertian dan Keunggulan Framework Laravel Indonesia

Admintdw

Administrator
Staff member
Sep 3, 2020
23
1
3
Laravel adalah kerangka kerja PHP sumber terbuka, yang kuat dan mudah dipahami. Ini mengikuti pola desain model-view-controller. Laravel menggunakan kembali komponen kerangka berbeda yang ada yang membantu dalam membuat aplikasi web. Aplikasi web yang dirancang lebih terstruktur dan pragmatis.

Laravel menawarkan serangkaian fungsionalitas kaya yang menggabungkan fitur-fitur dasar kerangka kerja PHP seperti CodeIgniter, Yii, dan bahasa pemrograman lain seperti Ruby on Rails. Laravel memiliki serangkaian fitur yang sangat kaya yang akan meningkatkan kecepatan pengembangan web.

Jika Anda sudah familiar dengan Core PHP dan Advanced PHP, Laravel akan membuat tugas Anda lebih mudah. Ini menghemat banyak waktu jika Anda berencana mengembangkan situs web dari awal. Selain itu, situs web yang dibangun di Laravel aman dan mencegah beberapa serangan web.
Sekilas Tentang Laravel


Keuntungan dari Laravel
Laravel menawarkan keuntungan berikut, ketika Anda merancang aplikasi web berdasarkan itu -

  • Aplikasi web menjadi lebih skalabel, berkat kerangka kerja Laravel.
  • Banyak waktu yang dihemat dalam mendesain aplikasi web, karena Laravel menggunakan kembali komponen dari kerangka lain dalam mengembangkan aplikasi web.
  • Ini termasuk ruang nama dan antarmuka, sehingga membantu mengatur dan mengelola sumber daya.
Komposer
Komposer adalah alat yang mencakup semua dependensi dan pustaka. Ini memungkinkan pengguna untuk membuat proyek sehubungan dengan kerangka kerja yang disebutkan (misalnya, yang digunakan dalam instalasi Laravel). Perpustakaan pihak ketiga dapat diinstal dengan mudah dengan bantuan komposer.

Semua dependensi dicatat dalam file composer.json yang ditempatkan di folder sumber.

Artisan
Antarmuka baris perintah yang digunakan di Laravel disebut Artisan . Ini mencakup seperangkat perintah yang membantu dalam membangun aplikasi web. Perintah-perintah ini digabungkan dari kerangka kerja Symphony, menghasilkan fitur tambahan di Laravel 5.1 (versi terbaru Laravel).

Fitur Laravel
Laravel menawarkan fitur-fitur utama berikut yang menjadikannya pilihan ideal untuk mendesain aplikasi web -

Modularitas
Laravel menyediakan 20 perpustakaan dan modul bawaan yang membantu dalam peningkatan aplikasi. Setiap modul terintegrasi dengan manajer ketergantungan Komposer yang memudahkan pembaruan.

Testabilitas
Laravel menyertakan fitur dan pembantu yang membantu dalam pengujian melalui berbagai kasus pengujian. Fitur ini membantu dalam menjaga kode sesuai kebutuhan.

Rute
Laravel menyediakan pendekatan yang fleksibel kepada pengguna untuk menentukan rute dalam aplikasi web. Perutean membantu menskalakan aplikasi dengan cara yang lebih baik dan meningkatkan kinerjanya.

Manajemen konfigurasi
Aplikasi web yang dirancang di Laravel akan berjalan di lingkungan yang berbeda, yang berarti akan ada perubahan konstan dalam konfigurasinya. Laravel menyediakan pendekatan yang konsisten untuk menangani konfigurasi dengan cara yang efisien.

Query Builder dan ORM
Laravel menggabungkan pembuat kueri yang membantu dalam membuat kueri database menggunakan berbagai metode rantai sederhana. Ini menyediakan ORM (Object Relational Mapper) dan implementasi ActiveRecord yang disebut Eloquent.

Pembuat Skema
Schema Builder mempertahankan definisi database dan skema dalam kode PHP. Itu juga memelihara jejak perubahan sehubungan dengan migrasi database.

Mesin Template
Laravel menggunakan mesin Template Blade , bahasa template ringan yang digunakan untuk mendesain blok hierarki dan tata letak dengan blok yang telah ditentukan sebelumnya yang menyertakan konten dinamis.

Surel
Laravel menyertakan kelas surat yang membantu dalam mengirim surat dengan konten yang kaya dan lampiran dari aplikasi web.

Autentikasi
Otentikasi pengguna adalah fitur umum dalam aplikasi web. Laravel memudahkan perancangan otentikasi karena menyertakan fitur-fitur seperti register, lupa kata sandi dan mengirim pengingat kata sandi .

Redis
Laravel menggunakan Redis untuk terhubung ke sesi yang ada dan cache tujuan umum. Redis berinteraksi dengan sesi secara langsung.

Antrian
Laravel menyertakan layanan antrian seperti mengirim email kepada sejumlah besar pengguna atau tugas Cron tertentu . Antrian ini membantu menyelesaikan tugas dengan lebih mudah tanpa menunggu tugas sebelumnya diselesaikan.

Bus Acara dan Perintah
Laravel 7 menyertakan Bus Perintah yang membantu dalam menjalankan perintah dan peristiwa pengiriman dengan cara yang sederhana. Perintah di Laravel bertindak sesuai dengan siklus hidup aplikasi.