Digital Marketing Tutorial

Admintdw

Administrator
Staff member
Sep 3, 2020
23
1
3
Secara sederhana, pemasaran digital adalah promosi produk atau merek melalui satu atau lebih bentuk media elektronik. Pemasaran digital sering disebut sebagai pemasaran online, pemasaran internet, atau pemasaran web .

Pemasaran digital telah ada selama beberapa waktu tetapi belum didefinisikan dengan baik. Kami cenderung berpikir bahwa pemasaran digital mencakup iklan spanduk, pengoptimalan mesin telusur (SEO), dan bayar per klik. Namun, definisi ini terlalu sempit, karena pemasaran digital juga mencakup e-mail, RSS, siaran suara, siaran faks, blog, podcasting, aliran video, pesan teks nirkabel, dan pesan instan. Iya! pemasaran digital memiliki cakupan yang sangat luas.

Apa yang Bukan Pemasaran Digital?
digital_marketing.jpg

Untuk mendefinisikan dengan jelas apa itu pemasaran digital, terkadang lebih mudah untuk memulai dengan apa yang bukan. Misalnya, ini tidak mencakup bentuk pemasaran yang lebih tradisional seperti radio, TV, papan iklan dan media cetak karena tidak menawarkan umpan balik dan laporan instan.

Mengapa Pemasaran Digital?
Dalam pemasaran digital, mesin pelaporan dan analitik dapat dilapisi dalam kampanye yang memungkinkan organisasi atau merek untuk memantau secara real-time bagaimana kinerja kampanye, seperti apa yang dilihat, seberapa sering, berapa lama, serta lainnya. tindakan seperti tingkat respons dan pembelian yang dilakukan.

  • Penggunaan digital marketing di era digital tidak hanya memungkinkan brand memasarkan produk dan jasanya, tetapi juga menawarkan customer support online melalui layanan 24x7 agar pelanggan merasa didukung dan dihargai.
  • Penggunaan media sosial dalam interaksi pemasaran digital memungkinkan merek menerima umpan balik positif dan negatif dari pelanggan mereka serta menentukan platform media apa yang bekerja dengan baik untuk mereka.
  • Pemasaran digital memberikan peningkatan keuntungan untuk merek dan bisnis. Sekarang umum bagi konsumen untuk mengirim umpan balik secara online melalui sumber media sosial, blog, dan situs web tentang pengalaman mereka dengan suatu produk atau merek.
Tidak mengherankan, miliaran dolar pemasaran yang dihabiskan untuk saluran tradisional sudah mulai bergeser ke kampanye pemasaran digital dan ini akan terus meningkat seiring dengan kematangan Web.